Manusia dan Kebudayaan

Pada posting berikut akan dibahas mengenai manusia dan kebudayaan, namun sebelum jauh membahas tetang topik tersebut, ada baiknya kita menengok dulu pengertian manusia dan pengertian kebudayaan berikut ini:

Pengertian Manusia

manusia adalah kesatuan fungsional yang tersusun atas sel-sel yang bergabung membentuk suatu jaringan, organ dan sistem organ, yang keseluruhannya berkumpul, berintegrasi dan saling berkesinambungan.  Memiliki daya pikir dan daya imajinasi serta emosi.

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan adalah suatu cara dalam menjalani kehidupan yang pengembangannya diapresiasikan oleh sekelompok masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi. ada banyak unsur yang membentk kebudayaan seperti agama, bahasa, politik, adat istiadat, serta seni.

Kebudayaan menjadi sesuatu yang penting, dan hidup dalam masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

seperti contohnya, di Indonesia kita mengerti bahwa dalam berpakaian kita dituntut untuk berpenampilan sopan dan tertutup, karena Indonesia menerapkan kebudayaan ketimuran. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Diatas kita telah menyinggung bahwa kebudayaan terdiri dari berbagai unsur. Menurut Koentjoroningrat, unsur-unsur budaya terdiri dari :

  1. Sistem religi dan upacara keagamaan,
  2. Sistem dan organisasi kemasyarakatan,
  3. Sistem pengetahuan,
  4. Bahasa,
  5. Kesenian
  6. Sistem mata pencaharian hidup,
  7. Sistem teknologi dan peralatan.

a. Sistem Realigi dan Upacara keagamaan

di dunia ini, kita mengenal beberapa agama, diantaranya adalah Buddha, Druze, Hindu, Islam, Jainisme, katolik, kristen ortodoks, protestan, saintologi, shinto, taoisme, yahudi, dll. agama yang satu dan yang lainnya mepunyai satu kesamaan, yaitu mengajarkan kebaikan dan menjauhi kejahatan. Namun dalam penerapannya, baik itu ajaran dalam agama, cara beribadah, ataupun implementasinya dalam kehidupan sehari-hari berbeda satu dengan yang lainnya, karena pada masing-masing agama memiliki pandangan tersendiri dalam melaksanakannya.

 

lambang agama

 

 

 

 

 

 

b. Sistem dan organisasi kemasyarakatan

Soerjono Soekanto (1988: 107-108) mengemukakan organisasi social adalah kesatuan-kesatuan hidup atasdasar kepentingan yang sama dengan organisasi yang tetap sebagai sebuah asosiasi. dalam organisasi kemasyarakatan, orang-orang yang bekerja di dalamnya mempunyai suatu tujua tertentu, dan kegiata-kgiatan yang dikerjakan didalam organisasi tersebut selalu menjurus pada suatu pencapaian tujuan dari organisasi tersebut.

c. Sistem pengetahuan

pengetahuan adalah segala sesuatu yang diektahui manusiabaik itu tentang benda, sifat, keadaan, dll. pengetahuan membawa manusia untuk lebih jauh mendalami apa yang sedang mereka jalankan. Dengan pengetahuan, masyarakaat akan lebih berkembang dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. pengetahuan secara umum dibedakan menjadi dua. yang pertama adalah pengetahuan yang mencakup alam dan unsur-unsur yang ada di dalamnya, sedangkan yang kedua adalah yang menjelaskan tentang keadaan sosial dari kehidupan di alam.

d. Bahasa

bahasa adalah suatu alat yang digunakan manusia untuk berinteraksi, berbagi pengetahuan baik secara tulisan, lisan ataupun isyarat. bahasa, terutama sastra, memegang peranan yang sangat penting dalam kebudayaan. bahasa juga menunjukkan identitas seorang warga negara.

e. Kesenian

kesenian merupakan pengekspresian karya cipta manusia yang selalu menuntut adanya estetika dalam kehidupan. kesenian dapat dibagi menjadi berbagai macam jenis, seperti seni rupa, seni musik, seni teater, seni tari dan seni kerajinan tangan. Seni juga diterapkan dalam penerapanya pada arsitektur.

lukisan monalisa, karya seni lukis terkenal

f. Sistem Mata Pencarian Hidup

mata pencarian hidup dibagi menjadi 2, tradisional dan modern.

pada zaman dulu, mata pencaharian hanya terbatas pada berburu dan meramu, bercocok tanam, beternak dan menangkap ikan. Hasilnyapun hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari saja.

namun seiring dengan berkembangnya zaman, mata encarian kini mulai merambah ke bidang industri dan jasa. Hasilnya juga bukan hanya untuk pemenuhan hidup saja, tapi  meluas ke pemenuhan informasi, jasa dan estetika serta hiburan.

g. Sistem Teknologo dan Peralatan

teknologi adalahsuatu teknik untuk memproduksi, memakai serta merawat peralatan dan perlengkapan.

dengn mengenal unsur-unsur kebudayaan, kita akan semakin memahami adanya kesinambungan antara manusia dan kebudayaan. Sebagai orang-orang yang berilmu, sudah semestinya kita bangga akan kebudayaan yang kita miliki, karena kebudayaan adalah identitas bangsa kita. dan kita juga harus mempertahankan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa kebedayaan kita

referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

http://yudhim.blogspot.com/2008/01/pengertian-kebudayaan.html

http://www.anneahira.com/macam-macam-kebudayaan.htm

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s