Gunung Merapi

kita semua pasti telah mendengar, atau melihat dari media baik media cetak ataupun elektronik tentang letusan gunung Merapi tahun ini. Gunung merapi yang terletak di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia.

Pada hari Selasa, tepatnya tanggal 25 Oktober 2010 pada pukul 17.00 WIB, gunung yang lerletak di lempeng Eurasia ini meletus, menyisakan belasan korban yang harus dievakuasi ke rumah sakit terdekat, dan memakan korban yang salah satunya adalah juru kuncinya sendiri yaitu Mas Penewu Surakso Hargo, atau yang lebih kita kenal sebagai Mbah Marijan.

hal ini menambah duka dan memperparah kecemasan bangsa indonesia. Setelah banjir Wasior pada tanggal 4 oktober lalu yang menewaskan 29 orang, longsor di Tenjolaya, serta aktivitas vulkanik di gunung Krakatau.

Bila kita telaah dari segi geografis, Indonesia memang bisa dikatakan sebagai langganan bencana alam. Secara geologis wilayah Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur. Adanya dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan terjadinya gempa bumi.

Keadaan ini tentunya semakin memperparah kondisi perekonomian indonesia. Bencana alam, selain merenggut nyawa dan harta, hal ini juga menimbulkan trauma dalam diri masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya juga berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat di daerah sekitar bencana.

Oleh karena itu, pemerintah semestinya sudah mengerti dan mengantisipasi keadaan ini. Negara langganan bencana sebenarnya bukan hanya Indonesia. Namun sepertinya Indonesia belum bisa mengantisipasi keadaan ini, kita tentu tidak dapat mengantisipasi atau menghindari bencana alam. Maka yang harus kita antisipasi dalam hal ini adalah, bagaimana caranya agar walaupun segala bencana terjadi di indonesia, masyarakatnya dapat tetap beraktifitas dan melakukan kegiatan seperti sedia kala secepatnya. Pemulihan dari trauma adalah salah satu faktor penting untuk mendorong perbaikan kegiatan ekonomi pasca bencana alam.

Evakuasi juga penting dalam meminimalisir korban yang disebabkan bencana alam. Bantuan baik dalam segi ekonomi dan psikologis juga diperlukan untuk membantu korban bencana untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

 

referensi :

http://www.wartanews.com/read/Nasional/765d4937-53ec-48f2-9add-9e0970e4e6fa/Negeri-Bencana!!!

http://sugengsetyawan.blogspot.com/2010/10/gunung-merapi-meletus-detik-detik.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Mbah_Maridjan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s