Ulasan Novel : And The Baby Makes Two

Beberapa diantara kita pastinya ada yang gemar membaca novel. Novel memang salah satu bacaan yang menarik untuk dibaca oleh kaum muda seperti kita. Tulisannya yang penuh imajinasi dan penggunaan bahasa yang lebih atraktif membuat kita tidak merasa “berat” untuk membacanya.

berikut adalah ulasan salah satu novel yang saya suka.

 

judul novel : And The Baby Makes Two

pengarang : Dyan Sheldon

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN : 979 – 22 – 1221- 3

 

Sinopsis

Lana Spiggs adalah remaja yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 15, saat ia mengetahui bahwa dia hamil. Les, laki-laki yang mengaku sebagai pekerja di rental video Block Busteer, adalah satu-satunya orang yang patut bertanggung jawab atas kehamilan Lana. Tadinya Lana mengira semuanya akan berjalan seperti yang dia inginkan, Les akan menikahinya, lalu mereka akan punya keluarga sendiri, dan Lana berpisah dengan ibunya, yang memang sudah sejak lama, hubungan anak dan ibu itu tidak pernah akrab.

Les juga seperti memberi harapan kepada Lana, Lana menjadi semakin tidak memikirkan sekolahnya. yang dia pikirkan hanya Les, bahkan teman baiknya, Shanee yang sudah wanti-wanti agar Lana tetap fokus pada pendidikannya dan tidak terlalu mengharapkan Les juga tidak pernah didengarnya lagi, Lana sudah teerlanjur merajut impiannya diatas ketidakpastian.

Dan akhirnya Kenyataan pahit pun harus dihadapi Lana. Les bukanlah laki-laki seperti yang dia impikan selama ini, Les bahkan tak pernah bilang ke orang tuanya bahwa Lana adalah kekasihnya. Maka kini saat anaknya sudah lahir, dengan tidakadanya Les untuk membantunya merawat anaknya, Lana harus sendirian menanggung akibat perbuatannya. Dan Lana tahu, menjadi dewasa bukanlah hal yang mudah, apalagi bila belum waktunya.

 

Novel ini, selain tentunya memberikan hiburan, juga membeerikan pembelajaran bagi kita, terutama kaum remaja, untuk lebih dewasa dalam bersikap. Apalagi melihal perilaku remaja masa kini yang makin bebas dalam pergaulan.

 

Kelebihan novel

Novel yang terdiri dari 253 halaman ini mudah dicerna oleh pembacanya yang memang ditujukan kepada kaum remaja, karena menggunakan bahasa yang tidak terlalu formal. Ada banyak penggambaran situasi yang memang sangat pas dengan tulisannya. Peran utama yang memang bertingkah menyebalkan, digambarkan dengan apik dan menimbulkan emosi-emosi pada pembacanya

 

Kekurangan novel

Beberapa kejadian sepertinya bukan wilayah konsumsi remaja karena dianggap terlalu fulgar.

 

Pelajaran yang dapat diambil

Sebagai remaja, kita sudah pasti akan menginjak dewasa, karena kedewasaan adalah hal yang pasti, maka dari itu, kita tidak perlu mengejarnya. Karena belum tentu kita siap akan kedewasaan itu sendiri. Nikmatilah dulu masa muda, karena masa muda hanya datang sekali, dan saat kita dewasa nanti, kita tak akan menyesal telah menyia-nyiakan masa muda kita

 

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s