Dampak Sosial pada Pengguna Black Berry

     Sekarang ini, makin banyak pengguna Blackberry ataupun smartphone lainnya yang kita lihat. pengguna smartphone tentu mempunyai alasan masing masing dalam memutuskan memakai smartphone. Blackberry, sebagai smartphone dengan peningkatan pengguna setiap tahunnya.

    Blackberry  memang memberikan kemudahan bagi penggunanya, terutama dalam hal berkomunikasi dan berbagi data. segala kemudahan itu membuat para pengguna Blackberry terbuai dan kadang terenyuh dalam asiknya ber-blackberry. Kadang kita sampai mengacuhkan pembicaraan karena sedang asik membalas chat pada Bleackberry Massanger, Membaca tweet orang-orang, ataupun sekedar mengecek e-mail yang masuk.

     kemudahan bersosialisasi yang kita dapatkan dalam menggunakan Blackberry ini, justru membuat kita terlihat anti – sosial di kehidupan nyata. Tak jarang kita menemukan sekelompok orang yang sedang berkumpul, namun frekuensi mereka berbicara lebih rendah dibanding dengan memelototi Blackberrynya masing – masing.

pengguna blackberry

 apakah ini bentuk sosialisasi pada era sekarang? mengacuhkan orang yang ada di hadapan kita, sedangkan mata, pikiran dan fokus kita ada pada orang yang entah ada dimana. Padahal sosialisasi secara langsung masih merupakan bentuk sosialisasi yang paling ampuh. Dan apa yang kita lakukan sekarang, kelak juga akan diikuti oleh generasi berikutnya. bayangkan, bila perilaku ini tetap menjadi kebiasaan di generasi – generasi selanjutnya, apa yang akan terjadi dengan sistem sosialisasi di dunia ini?

     Hal ini juga cenderung menimbulkan kecemburuan sosial, mereka yang bukan pengguna blackberry karena faktor finansial (bukan karena selera) akan cenderung iri, yang kemudian mereka akan menghamburkan uangnya untuk sesuatu yang mungkin sebenarnya tidak terlalu mereka butuhkan. Padahal, dibalik kecanggihannya, Blackberry memberikan pengaruh buruk bagi penggunanyan

    Di balik kemudahan yang diberikan, Blackberry berisiko melemahkan daya konsentrasi penggunanya. Karakternya yang mampu membuat pengguna melakukan sejumlah hal dalam waktu bersamaan (multitasking)cenderung membuat seseorang kesulitan menyerap informasi lantaran fokusnya mudah beralih dari satu hal ke hal lain.

“Sebagai multitasker, otak mereka dibanjiri terlalu banyak informasi, akibatnya mereka tidak selektif lagi untuk memilah informasi yang penting dengan cepat”, kata Dr David W Goodman, Direktur Pusat Gangguan Psikologis di Maryland, Baltimore

dikutip dari : http://mediaonlinenews.com/kesehatan/berbagai-dampak-buruk-blackberry

oleh karena itu, ada baiknya kita mengurangi tingkat ketergantungan kita ada smartphone. bersosialisasilah dengan baik, karena teman terbaik adalah teman yang ada di samping kita bukan yang ada pada chat yang sedang kita lakukan.be a wise socialers

referensi :

http://mediaonlinenews.com/tag/dampak-negatif-blackberry

photos taken from Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s