Perekonomian Indonesia di Tahun 20112

Menginjak tahun 2012 ini, tentunya ada banyak harapan – harapan baru yang muncul. Mulai dari harapan terhadap diri sendiri (lulus kuliah, menikah, ingin punya bisnis sendiri, dan laiannya) sampai pada harapan terhadap negara Indonesia. tahun 2011 nampaknya tidak bisa dibilang berjalan mulus, khususnya pada masalah perekonomian.

Namun ada secercah harapan yang kembali muncul pada tahun 2012 ini,.

Ekonom Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan mengatakan meski akan mengalami perlambatan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 masih cukup tinggi dan diperkirakan bisa mencapai 6,0 persen.

    “Perlambatan ekonomi global akan mempengaruhi pertumbuhan Indonesia, meski melambat, ekonomi Indonesia diperkirakan bisa sampai 6,0 persen,” kata Fauzi dalam acara Economic Briefing 2012 di Jakarta, Kamis.

     dikutip dari : http://www.pajak.go.id/content/ekonomi-indonesia-2012-akan-tumbuh-60-persen

hal tersebut setidaknya, memberikan angin segar pada khususnya pelaku bisnis di Indonessia. Tidak dapat dipungkiri bahwa estimasi positif terhadap perekonomian juga akan memberi motivasi bagi para pelaku perekonomian. hal – hal seperti inilah yang nantinya akan meningkatkan minat dalam membuka peluang bisnis, terutama pada usaha micro kecil menengah.

selain itu, Menko, Hatta Rajasa juga mengatakan kepada pers di Jakarta, Sabtu di sela-sela acara persiapan pergantian tahun menegaskan ada tiga hal yang harus menjadi prioritas pemerintah untuk perbaikan ekonomi dalam negeri. Menko berharap upaya perbaikan ekonomi tersebut mendapat dukungan seluruh kalangan.

Hatta menjelaskan, “Ada tiga yang paling penting yang harus kita jaga, yang pertama bagaimana kita selalu membuat stabilisasi pokok pangan kita dan ketersediannya cukup, pangan adalah menjadi sesuatu yang sangat penting karena di situ adalah berkaitan langsung dengan kemiskinan, berkait langsung dengan hajat hidup orang banyak, yang kedua bagaimana kita mengelola energi karena itu akan berkaitan dengan industri, berkaitan dengan biaya-biaya transport dan sebagainya, yang ketiga yang tidak kalah penting adalah infrastruktur, fighting kita di 2012 adalah infrastruktur” (dikutip dari : http://www.voanews.com/indonesian/news/Infrastruktur-dan-Korupsi-Hambatan-Utama-Ekonomi-Indonesia-136529318.html

Menanggapi pernyataan Menko, saya sangat setuju dengan pernytaan tersebut. Point pertama, masalah pangan. Pangan merupakan hal paling krusial dalam setiap aspek kehidupan, juga termasuk dalam perekonomian. kebutuhan akan pangan yang tidak dapat ditolerir, mengharuskan setiap orang untuk dengan segala cara mencari penghasilan untuk mengganjal perut mereka, karena ini masalah melanjutkanhidup. Kenyataan ini yang nantinya akan menjadi dasar dari hampir setiap hal yang dilakukan manusia. untuk apa mereka bekerja? paling tidak untuk mencari makan? untuk apa mereka mengejar ilmu setinggi-tingginya? untuk meaih kemapanan hidup, dan makan enak setiap hari menurut saya adalah salah satu jenis kemapanan yang paling umum. Masalah pangan ini juga yang mendasarkan orang bertindak kriminal.

point kedua, masalah pengolahan energi. bayak orang yang mengira, bahwa harta dan kekayaan adalah hal yang patut mereka pertahankan untuk diwariskan kepada anak – cucunya kelak. Namun mereka kurang sadar bahwa dibalik segala harta yang melimpah, kesadaran dalam menjaga sumber energi yang ada merupakan sumbangan paling besar dari generasi sekarang ini kepada generasi selanjutnya, karena seperti yang Menko katakan, hal ini menyangkut industri.

Masalah yang terakhir masalah transportasi, masalah yang sepertinya tidak pernah berhenti menjadi “masalah” di Indonesia, terutama Jakarta. Sebagai ibukota, sekaligus tempat mencari penghasilan bagi sebagian besar penduduk Indonesia, Jakarta sudah mencapai titik dimana mobilisasi menjadi sangat penting.

Dengan adanya harapan baru di tahun yang baru ini, semoga kita juga mempunyai semangat baru dalam mengisi tahun bagi Indonesia.

Selamat tahun baru, good luck untuk Indonesia🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s