Membuka Usaha dengan Badan Usaha termasuk Koperasi

Masih menyangkut posting tentang membaca peluang pasar, jika sebelumnya telah dijabarkan tentang peluang usaha yang mungkin akan dijalankan, beserta dengan prospek lingkungan bisnis yang terjadi, pada posting kali ini saya akan membahas, bagaimana seandainya jika peluang usaha ini dibuka dengan badan usaha dan pada kesempatan kali ini yaitu koperasi.

Melihat bidang jasa yang digeluti, yaitu jasa pengangkutan hasil – hasil perkebunan, maka jenis koperasi yang mungkin dapat diajak bekerja sama adalah Koperasi Unit desa. Hambatannya adalah, kurang pekanya pengetahuan dan apresiasi masyarakat tentang keberadaan Koperasi, yang selama ini (terutama untu KUD) dianggap hanya sekedar badan usaha yang diperuntukan bagi kaum petani. Disinilah tantangan dimulai yaitu untuk merubah pandangan masyarakat, bahwa koperasi merupakan badan usaha yang dilandasi asas-asas persatuan yang jenis kegiatannya meliputi setiap kegiatan yang diperlukan masyarakat sekitar.

Dan melihat bahwa KUD merupakan badan usaha yang menangani jenis – jenis kegiatan terutama agrobisnis, maka sepertinya jenis usaha ini akan semakin menunjang keberagaman produk yang ditawarkan. Tantangan kembali hadir ketika muncul masalah promosi dan publikasi. Setahu saya sampai saat ini, jarang sekali ada promosi yang dilakukan oleh pihak koperasi, mengingat jangkauan pemasaran mereka yang terbatas. Namun hal tersebut bukan menjadi halangan karena masih ada media publikasi elektronik di jaringan sosial yang dirasa ampuh

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s