Review Buku : 63 kasus Pemasaran Terkini Indonesia

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang buku, tidak seperti review buku sebelumnya yang bersifak fiksi, buku kali ini adalah buku non fiksi yang termasuk dalam dunia marketing.

 

 

Judul buku                                          : 63 KASUS PEMASARAN TERKINI INDONESIA (membedah Strategi dan Taktik Pemasaran Baru

Pengarang                                          : Istijanto, MM, MCom

Penerbit                                              : PT Elex Media Komputindo

Cetakan Pertama                             : Juni 2007

Cetakan Kedua                                 : Januari 2008

Ulasan

Sesuai dengan namanya, dalam buku ini, dijabarkan tentang cara – cara, taktik dan strategi dalam pemasaran yang implikasinya dinyatakan dalam ke-63 iklan yang ada di Indonesia. Dalam buku ini, pengrang memberikan beberapa contoh iklan dan menjelaskan tentang strategi yang dipakai dalam iklan tersebut ntuk menarik konsumennya.

Tidak hanya mengenalkan strategi pemasaran dengan cara-cara yang sudqah dikenal dalam dunia marketing seperti membangun Brand awareness, persaingan di beberapa produk tertentu ataupun perluasan pasar dengan cara cara tertentu, tapi disini diulas pula cara –cara dengan konsep psikologis.

Beberapa cara-cara pemasaran yang dipaparkan dalam buku ini antara lain :

  • Memengaruhi cara mengkonsumksi produk
  • Mempertahankan memory konsumen dengan iklan bersambung
  • Mengaktifkan dukungan distributor
  • Mengedukasi konsumen mengonsumsi setiap hari
  • Memperbesar pasar melalui volume konsumsi
  • Teriakan iklan dibalas teriakan iklan
  • Memengaruhi imajinasi konsumen terhadap suatu produk
  • Dan lain – lain

Buku ini memang diperuntukkan bagi orang-orang yang tertarika pada sunia marketing, sehingga bahasa yang digunakan juga merupakan bahasa – bahasa marketing, namun masih dapan cakupan pengetahuan masyarakat awam. Yang menarik dari buku ini adalah, kenyataan bahwa industri periklanan ternyata memiliki trik – trik jitu dalam memikat calon konsumen suatu prodduk, dan kenyataan bahwa iklan adalah sarana efektif dalam promosi suatu produk.

Merupakan buku yang menarik dan juga sumber referensi yang kmenarik untuk dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s