Paragraf Deduktif

Masih membicarakan tentang macam-macam jenis paragraf dilihat dari letak kalimat utamanya, kini yang akan dibahas adalah jenis paragraf deduktif.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal paragraf. Inspirasi utama dan pokok paragraf di nyatakan di dalam kata-kata pertama, disusul oleh penjelasan  terperinci pada kalimat berikutnya.

Di dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan di dalam kalimat diatur dengan inspirasi yang berupa umum ( premis mayor ), diletakkan dibagian awal, dan diikuti dengan inspirasi yang berbentuk khusus. penataan ini dapat direalisasikan dengan menampilkan kalimat tema lebih dahulu ( pada awal paragraf ), lalu dilanjutkan dengan kalimat penjelas.

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif

  • Kalimat utama ada di awal paragraf
  • Kalimat disusun dari pernyataan umum yang lantas disusul dengan penjelasan

Contoh Paragraf Deduktif

Ini tentang gaya hidup para wakil rakyat kita di Senayan. Ya, baru-baru ini heboh beredar berita tentang gaya hidup para wakil rakyat kita. Mobil mewah yang berhaga milliaran rupiah, yang membuat rumah rakyat di Senayan itu seperti showroom mobil mewah. Ada Alphard, Hummer dan Bentley. Publikpun heboh. Saya berfikir, padahal kita lah yang diwakili mereka, dan mereka adalah wakil kita, tapi mengapa yang MERDEKA hanya mereka yang sebagai wakil kita?

 

referensi :

http://www.beritaterhangat.net/2012/12/contoh-paragraf-deduktif.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s