kasus bisnis yang tidak beretika 2

Puluhan karyawan stasiun televisi B, Kamis 11 maret 2010 kembali berdemonstrasi dengan cara memblokade pintu masuk kantor stasiun televisi B di Jalan Damai nomor 11, Daan Mogot Raya, Jakarta Barat. Bukan cuma itu, demonstran juga membentangkan sejumlah poster dan spanduk yang mewakili perasaan mereka.

Dalam unjuk rasa tersebut, demonstran memprotes manajemen stasiun televisi B yang memecat mereka secara sepihak. Para karyawan yang memblokade Jalan Damai pun mengakibatkan Jalan Daan Mogot Raya macet total. Menurut Ketua Serikat Karyawan Dicky Irawan, pihak manajemen tidak adil dan pilih kasih dalam hal pemecatan.

Analisis

Pemecatan sepihak yang tidak disertakan konfirmasi dari pihak perusahaan tentang sebab-sebab mengapa karyawan tersebut dipecat merupakan tindakan yan g tentunya akan memicu amarah karyawan. Kasus stasiun televisi B tersebut merupakan salah satu pelanggaran etika bisnis dalam bidang personalia. Para karyawan berdemo karena pihak manajemen stasiun televisi B tidak membayar gaji mereka dan memecat beberapa karyawan secara sepihak. Sebaiknya pihak perusahaan memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada karyawan yg ingin diberhentikan,agar tidak terjadi kekecewaan pada karyawan dan secepatnya membayar hak para karyawannya.

Referensi

http://sitisaiyah.blogspot.ca/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s